KERJA BAKTI PEMBERSIHAN MAKAM SECARA SERENTAK

Agus Marjuni 11 Mei 2018 10:43:27 WIB

         Pada hari ini tanggal 11 mei 2018 di desa pakel diadakan pembersihan makam secara serentak di seluruh makam yang ada di desa pakel,bertujuan untuk membersihkan makam supaya saat pada kirim doa nanti tidak tumbuh rumput liar yang memnggangu para peziaroh kubur,Ada 7 tempat makam yang ada di desa pakel ini yang tersebar di 3 dusun yaitu Disun Ponggok 2 tempat,Dusun Krajan 2 tempat dan Dusun Gladag 3 tempat.

       Sudah menjadi adat dan tradisi Warga desa apabila setiap menjelang bulan puasa merka akan mendatangi makam orangtua,saodara dan sanak Family untuk berkirim Doa kepada arwah yang telah mendahului menghadap Allah Swt,dan berharap semoga diberi kesehatan dan kkuatan dalam menjalani ibadah puasa di tahun ini.

     Pengerjaan bersih makam ini dilaksanankan dengan swadaya dan gotong royong dari masyarakat yang ada disekitar makam juga dari warga yang punya sanak saudara dimakam tersebut.

dan kenapa memilih hariini..? karena hari ini bertepatan dengan hari Jum'at Legi yang dalam istilah adat jawa dan dalam kepercayaan masyarakat bahwa hari ini adalah hari baik untuk melaksanakan kegiatan sehingga harapan nya dalam menjalankan ibadah di bulan Suci Romadhon nanti semua warga desa yang khususnya beragama islam benar benar bisa khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

Komentar atas KERJA BAKTI PEMBERSIHAN MAKAM SECARA SERENTAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PAKEL

tampilkan dalam peta lebih besar