PELANTIKAN PANITIA PENGANGKATAN PERANGKAT DESA TAHUN 2023

Agus Marjuni 08 Maret 2023 14:58:08 WIB

Pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa merupakan momen penting dalam proses seleksi dan pengangkatan perangkat desa di lingkungan desa. Setelah proses pembentukan panitia selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah melantik panitia agar dapat memulai tugasnya dengan baik.

Pada hari Rabu, 08 Maret 2023, diadakan acara pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa di Aula Kantor Desa Pakel. Acara tersebut dihadiri oleh para anggota panitia, Kepala Desa Pakel, serta segenap tokoh masyarakat dan warga desa.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Pakel yang mengucapkan selamat kepada para anggota panitia yang telah dilantik. Kepala Desa Pakel juga memberikan arahan dan motivasi kepada panitia agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memperhatikan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam proses seleksi dan pengangkatan perangkat desa.

Setelah sambutan dari Kepala Desa Pakel, acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan. Ketua Panitia, Sekretaris Panitia, dan Bendahara Panitia diambil sumpah jabatan oleh Kepala Desa Pakel. Sumpah jabatan tersebut berisi janji para anggota panitia untuk menjalankan tugasnya dengan baik, bertanggung jawab, dan memperhatikan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam proses seleksi dan pengangkatan perangkat desa.

Setelah prosesi pelantikan selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan pembacaan visi dan misi panitia pengangkatan perangkat desa oleh Ketua Panitia. Visi dan misi tersebut berisi komitmen panitia untuk menjalankan tugasnya dengan baik, transparan, dan profesional, serta memperhatikan kepentingan masyarakat desa.

Acara pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh para anggota panitia dan Kepala Desa Pakel. Berita acara tersebut akan menjadi bukti sah pelantikan panitia dan menjadi acuan dalam menjalankan tugas selanjutnya.

Pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa merupakan suatu momen penting dalam proses seleksi dan pengangkatan perangkat desa di lingkungan desa. Dengan dilantiknya panitia, diharapkan proses seleksi dan pengangkatan perangkat ini berjalan dengan lancar. nama dan alamat Panitia yang dilantik sebagai Berikut :

NO

JABATAN DALAM KEPANITIAAN

NAMA

ALAMAT

JABATAN KEDINASAN

1

Ketua

Rebo

RT 01

Tokoh Masyarakat

2

Sekretaris

Dimas Aulia Eka Pratama

RT 02

Kasi Pemerintahan

3

Ketua Seksi Penjaringan dan Penyaringan

Naning Wahyuni

RT 22

Kaur Keuangan

 

 Anggota

Achmad Santoso

RT 04

Karangtaruna

 

 Anggota

Pardan

RT 14

LPM

4

Ketua Seksi Seleksi/Ujian

Ismiati

RT 03

Tokoh Perempuan

 

 Anggota

Yusuf Hamdani

RT 11

Ketua RW

 

 Anggota

Sugeng Suhendro

RT 10

Karangtaruna

5

Ketua Seksi Keamanan

Suyatmo

RT 03

Anggota LPM

 

 Anggota

Sunarko

RT 23

Tokoh Masyarakat

 

 Anggota

Imam Maliki

RT 16

Karangtaruna

 

Pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Panitia ini bertanggung jawab untuk melakukan seleksi dan pengangkatan perangkat desa yang akan membantu kepala desa dalam menjalankan tugas dan fungsi pemerintahan.

Proses pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa biasanya dilakukan oleh kepala desa dengan melibatkan unsur Musyawarah Desa (Mudesa). Pelantikan ini harus dilakukan dengan prosedur yang benar dan transparan, sehingga masyarakat dapat mempercayai integritas dari panitia dan hasil seleksi yang dilakukan.

Berikut adalah tahapan-tahapan dalam pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa:

  1. Penentuan anggota panitia Kepala desa bersama Mudesa menentukan anggota panitia pengangkatan perangkat desa. Anggota panitia harus dipilih dari warga desa yang memiliki reputasi yang baik dan tidak memiliki konflik kepentingan dengan calon perangkat desa.

  2. Pelantikan ketua dan sekretaris panitia Setelah anggota panitia ditentukan, maka dilakukan pelantikan ketua dan sekretaris panitia. Kepala desa memilih ketua dan sekretaris panitia dari anggota panitia yang telah ditentukan.

  3. Pembentukan tim seleksi Setelah panitia terbentuk, maka dilakukan pembentukan tim seleksi. Tim seleksi ini bertugas untuk melakukan seleksi terhadap calon perangkat desa yang mendaftar.

  4. Pembuatan jadwal seleksi Setelah tim seleksi terbentuk, maka dilakukan pembuatan jadwal seleksi. Jadwal ini harus disosialisasikan kepada masyarakat agar mereka dapat mengikuti tahapan seleksi dengan baik.

  5. Pelaksanaan seleksi Setelah jadwal seleksi dibuat, maka dilakukan pelaksanaan seleksi terhadap calon perangkat desa. Seleksi dilakukan dengan cara yang transparan dan objektif, sehingga masyarakat dapat mempercayai hasil seleksi yang dilakukan.

  6. Pengumuman hasil seleksi Setelah seleksi selesai dilaksanakan, maka dilakukan pengumuman hasil seleksi kepada masyarakat. Pengumuman ini harus disampaikan secara terbuka dan jelas agar masyarakat dapat mengetahui hasil seleksi yang telah dilakukan.

  7. Pelantikan perangkat desa Setelah hasil seleksi diumumkan, maka dilakukan pelantikan perangkat desa yang telah terpilih. Pelantikan dilakukan dengan cara yang formal dan dihadiri oleh masyarakat desa.

Proses pelantikan panitia pengangkatan perangkat desa harus dilakukan dengan penuh integritas dan transparansi. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mempercayai hasil seleksi yang dilakukan dan dapat mendukung kinerja perangkat desa yang telah terpilih. Dalam menjalankan tugasnya, panitia harus memperhatikan prinsip-prinsip keadilan, transparansi, dan objektivitas. Dengan demikian, proses pengangkatan perangkat desa dapat berjalan dengan baik dan dapat mendukung keberhasil

Komentar atas PELANTIKAN PANITIA PENGANGKATAN PERANGKAT DESA TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PAKEL

tampilkan dalam peta lebih besar