PEMDES SALURKAN BANTUAN MESIN PENCACAH PUPUK KOMPOS

Agus Marjuni 15 Oktober 2019 20:33:26 WIB

        Selasa 15 Oktober 2019,telah di adakan serah terima mesin pencacah pupuk kompos kepada 3 kelompok tani yang ada di desa pakel,kelompok tersebut  bernama Sumber Makmur yang berada di Dusun Gladag,Tani Mulyo yang dari dusun krajan sertaSumber Tani yang berasal dari dusun ponggok.Barang bantuan tersebut diserahkan langsung oleh kepala desa pakel dan di saksikan oleh Babinsa,BKTM,serta Pendamping lokal desa.

Mesin pencacah sangat dibutuhkan oleh warga desa yang tergabung dalam kelompok tani untuk membuat pupuk yg berasal dari kotoran hewan,kutu kambing dll jika di cacah maka akan menambah kesuburan tanaman para petani. Mesin yang berjumlah 3 unit di belanjakan dari APBDes yang bersumber dari Dana desa tahun anggaran 2019 yang dialokasikan untuk membantu masyarakat desa pakel yang bertujuan dapat menambah kesejahteraan bagi warga Desa dan mengembangkan tanaman pertanian,Acara pembagian Mesin tersebut dilanjutkan dengan BIMTEK penggunaan Mesin Teknologi Tepat Guna atau yg disingkat TTG sehingga para kelompok tani tidak bingung dalam menggunakan alat tersebut.

dihadiri peserta 30 orang kegiatan tersebut semakin menambah wawasan warga juga peserta yang hadir agar mampu menggunakan TTG ini dengan baik dan benar,Mesin tersebut selain berguna untuk membuat pupuk kompos namun juga dapat untuk mencacah pakan ternak yang selama ini masih menggunakn tenaga manual maka dengan adanya mesin ini diharapkan dapat membantu mempercepat pekerjaan bagi para peternak yg ada di desa pakel.

        Selain dipergunakan oleh kelompok tani mesin tersebut dapat di persewakan untuk seluruh warga yang mebutuhkan tutur dari salah seorang narasumber agar dapat menghasilkan uang dari persewaan sehingga Potensi Penghasilan nya dapat di jadikan penambahan modal di kelompok tani juga dapat menyerap tenaga kerja untuk menjadi operator alat ini. Alat alat seperti ini amat dibutuh kan warga masyarakat desa pakel agar pekerjaan semakin mudah serta dapat meningkatkan mutu pertanian yang ada di desa pakel ini.

Komentar atas PEMDES SALURKAN BANTUAN MESIN PENCACAH PUPUK KOMPOS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PAKEL

tampilkan dalam peta lebih besar