Acara Halal Bihalal Perangkat Se Kecamatan Pule

01 Februari 2017 15:21:24 WIB

Halal Bihalal  

 

Silaturahim yaitu hubungan kekerabatan. Syariat memerintahkan agar kita senantiasa menyambung dan menjaga hubungan kerabat (shilah ar-rahim). Sebaliknya, syariat melarang untuk memutuskan silaturahim. Abu Ayub al-Anshari menuturkan, “Pernah ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi saw., “Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku perbuatan yang akan memasukkan aku ke dalam surga.” Lalu Rasulullah saw. menjawab:

 

«تَعْبُدُ اللهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيْمُ الصَّلاَةَ وَتُؤَتِيْ الزَّكَاةَ وَتَصِلُ الرَّحِمَ»

 

Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi. (HR al-Bukhari). 

Hadist ini, meskipun menggunakan redaksi berita, maknanya adalah perintah. Pemberitahuan bahwa perbuatan itu akan mengantarkan pelakunya masuk surga, merupakan qarînah jâzim (indikasi yang tegas). Oleh karena itu, menyambung dan menjaga shilaturahmi hukumnya wajib, dan memutuskannya adalah haram. Rasul saw. pernah bersabda:

 

«لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعُ رَحِمٍ»

 

Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekerabatan (ar-rahim). (HR al-Bukhari dan Muslim).

Guna menjalin silaturokhim yang baik antar Perangkat Desa se Kecamatan Pule maka pada hari kamis tanggal 06 juli kemarin diadakan halal bihalal/silaturokhim seluruh perangkat desa se Kecamatan Pule yang bertempat di Balai Desa Joho. Acara di mulai dari pukul 10.00 - 12.30 WIB.

Acara tersebut selain dihadiri oleh Perangkat Desa se Kecamatan Pule yang berjumlah sekitar 120, Perwakilan dari Kecamatan, Koramil, Kepolisian serta Perwakilan teman Perangkat Desa Kabupaten juga turut hadir Bapak NURWANTO selaku Ketua PPDI Kabupaten Trenggalek yang mana beliau masih belum sembuh benar dari sakitnya. Semangat selaturokhimlah yang membawa beliau sampai ke Balai Desa Joho.

Dari Perangkat Desa Pakel sendiri dihadiri Bapak PARDAN Selaku Kepala Desa dan diikuti oleh beberapa Perangkat Desa lainya sedangkan sebagian Perangkat menjalankan pelayanan masyarakat sebagaimana biasanya.

Acara halal bihalal diisi dengan siraman rohani dari Romo Nyai Ihsan Permadi diiringi dengan group solawat.

 

Dokumen Lampiran : halal bihalal perangkat desa se kecamatan pule


Komentar atas Acara Halal Bihalal Perangkat Se Kecamatan Pule

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PAKEL

tampilkan dalam peta lebih besar