LAPORAN REALIASASI APBDES 2022

Agus Marjuni 04 April 2023 14:33:23 WIB

Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2022 Desa Pakel Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek

Laporan realisasi anggaran pendapatan dan belanja desa (RAPBDes) tahun 2022 Desa Pakel Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek disusun untuk memenuhi kewajiban dalam penyampaian laporan keuangan pada pemerintah kabupaten. Laporan ini mencakup realisasi pendapatan dan belanja desa serta penjabaran kegiatan yang dilaksanakan selama tahun anggaran 2022.

Laporan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) memiliki fungsi penting dalam pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Beberapa fungsi penting dari pelaporan APBDes adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi Kinerja Laporan APBDes dapat menjadi alat evaluasi kinerja pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam laporan ini, terdapat informasi mengenai realisasi pendapatan dan belanja desa yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran. Dengan adanya laporan ini, pihak-pihak terkait seperti pemerintah kabupaten atau masyarakat dapat mengevaluasi kinerja desa dalam pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program yang telah direncanakan.

  2. Pengendalian Keuangan Laporan APBDes juga berfungsi sebagai alat pengendalian keuangan desa. Dalam laporan ini, terdapat informasi mengenai realisasi pendapatan dan belanja desa yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran. Dengan mengetahui realisasi pendapatan dan belanja desa, pihak desa dapat mengendalikan pengeluaran keuangan dan memastikan bahwa penggunaan anggaran desa sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dalam APBDes.

  3. Akuntabilitas Publik Laporan APBDes juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas publik. Dalam laporan ini, terdapat informasi yang terbuka dan transparan mengenai penggunaan anggaran desa. Dengan adanya laporan ini, masyarakat dapat mengetahui secara detail bagaimana penggunaan anggaran desa telah dilakukan selama satu tahun anggaran.

  4. Penyusunan Rencana Kerja Laporan APBDes juga dapat menjadi dasar penyusunan rencana kerja ke depannya. Dalam laporan ini, terdapat informasi mengenai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun anggaran. Dengan adanya laporan ini, pihak desa dapat mengevaluasi program yang telah dilaksanakan dan menyusun rencana kerja untuk tahun-tahun berikutnya.

Dengan demikian, pelaporan APBDes memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pemerintahan desa. Diharapkan dengan adanya laporan ini, desa dapat mengelola keuangan dengan baik dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Komentar atas LAPORAN REALIASASI APBDES 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi PAKEL

tampilkan dalam peta lebih besar